Palu (Kemenag Sulteng) – Thematic Academy (TA) merupakan salah satu pelatihan DTS untuk meningkatkan keterampilan digital. Pelatihan Thematic Academy Desain Grafis dan aplikasi perkantoran untuk Pengelola Pesantren, Penyuluh Agama, Guru, dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kota Palu yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Manado, bertempat di Rama Garden Hotel Palu, Selasa (18/10/2022).

Perwakilan dari BPSDMP Kominfo Manado dalam sambutannya mengungkapkan, tujuan pelatihan ini antara lain untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan dan talenta digital untuk mendukung percepatan transformasi digital khususnya bagi Pengelola Pesantren, Penyuluh Agama, Guru, dan Tenaga Kependidikan Sekolah dan Madrasah melalui dua tema pelatihan yaitu Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis.

Lebih lanjut, Ia menerangkan alasan desain grafis menarik untuk dipelajari banyak kalangan dikarenakan visual yang dihasilkan desain grafis menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas yang efektif atau bahkan membentuk persepsi manusia akan sebuah hal.

Selain itu, Faktor yang melatarbelakangi pentingnya belajar desain grafis antara lain, kemampuan otak manusia lebih cepat melihat dibandingkan membaca, gambar yang baik akan memberikan attention kepada pemirsa, dan desain yang baik akan mengantarkan proses informasi secara efektif,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L Midu. Dalam arahannya, mengungkapkan, pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Kementerian Agama RI. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 18-22 Oktober 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 90 orang untuk pelatihan desain grafis dan aplikasi perkantoran.

Kakankemenag mengungkapkan, Thematic Academy Pelatihan Desain Grafis merupakan salah satu Program Digital Talent Scholarship yang juga merupakan program prioritas pemerintah melalui Kementerian Agama yakni transformasi Digital, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital ke berbagai kalangan.

Dirinya juga berharap agar setelah mengikuti pelatihan tersebut, para peserta dapat meningkatkan kualitas penggunaan aplikasi perkantoran dan kompetensinya dalam membuat desain grafis secara profesional.

Selaku Kakankemenag tentunya mengapresiasi kepada BPSDMP Kominfo Manado yang telah mendesain kegiatan pelatihan ini. Semoga dengan pelatihan yang diikuti bapak ibu ini, semakin kompeten dan terampil untuk mendukung tugas dan pekerjaan ditempat kerja masing-masing.” ujarnya.

Sementara itu, Nasruddin juga menuturkan bahwa, kemampuan mendesain sangat diperlukan dalam mentransformasikan konsep pembelajaran guna menarik minat peserta didik sekaligus memecahkan masalah dengan memanfaatkan sejumlah informasi yang tersedia.

Selain itu, Kakankemenag mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan yang terdiri dari dua bidang pelatihan yaitu Aplikasi Perkantoran, dan Desain Grafis, di Hotel Rama Garden Palu, untuk serius dan aktif dalam mengikuti pelatihan ini, karena kegiatan tersebut merupakan langkah percepatan penyiapan transformasi digital, diantaranya penyiapan SDM talent digital.

Kakankemenag, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika yang sangat memperhatikan peningkatan SDM digital untuk para penyuluh Agama, pengelola pesantren dan juga GTK Sekolah dan Madrasah.

Dijelaskannya, dalam target pelatihan ini diharapkan keterampilan TIK para peserta nantinya akan meningkat menjadi lebih baik, agar bisa mendukung percepatan transformasi digital di lingkungan kerja masing-masing di bawah naungan kementerian Agama Republik Indonesia.” pungkas Nasruddin.

Similar Posts